Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP 1 Lembar Tematik Kelas 1 SD Semester 1

RPP 1 Lembar Tematik Kelas 1 SD Semester 1
RPP 1 Lembar Tematik Kelas 1 SD Semester 1

Khalisawallpaper.my.id - RPP 1 Halaman Tematik Kelas 1 Semester 1 - Kurikulum 2013 adalah rpp terbaru yang akan kami bagikan dan semoga rpp tematiki ini dapat membantu anda. Dengan keberadaan RPP Tematik Kelas 1 Semester 1 ini dapat membantu rekan guru dalam menyukseskan proses belajar mengajar, RPP Tematik Kelas 1 Semester 1 dapat anda dapatkan secara gratis  dan bila ada isi dan konten yang ada dalam RPP Tematik Kelas 1 Semester 1 ini terdapat kekurangan atau masih tidak sesuai dengan kurikulum 2013 maka silahkan berikan komentar.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Kelas 1 Semester 1

Pengelolaan administrasi lembaga Pendidikan yang rapi dan administratif,sangat penting untuk meningkatkan kinerja lembaga Pendidikan . Peningkatan kinerja itu akan berkonsekuensi positip yang makin meningkatkan efesiensi, mutu dan pelayanan lembaga Pendidikan pada anak atau peserta didik khususnya dan pada masyarakat banyak pada umumnya. Sebuah lembaga Pendidikan yang baik dapat di lihat dari kegiatan pembelajaran yang tertib dan terarah.

Administrasi Pendidikan adalah administrasi yang berisi acuan minimal untuk para pengelola, penyelenggara dan tenaga pengajar serta pembinaan program Pendidikan dalam melakukan pembina teknis penyelenggara administrasi Lembaga Pendidikan. Pembuatan buku administrasi Pendidikan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi, selanjutnya digunakan sebagai arsip.

Sebagai seorang guru wajib memiliki perangkat pembelajaran, yang dimaksud adalah pembelajaran sendiri dalam KBBI (2017:17), Perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang mungkin guru dan siswa melakukan kegiatan belajar. Perangkat pembelajaran (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Kelas 1 Semester 1 ) menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran  di dalam kelas, laboratorium ataupun di luar kelas. dalam peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomer 65 tahun 2013 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik

  • Tema : Diri Sendiri
  • Kelas 1 Semester 1
  • Alokasi waktu 3 minggu


Standar Kompetensi :

1. IPS               :  Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling 

                           menghormati   dalam kemajemukan keluarga.         

2. IPA              :  Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.

3. PKN             :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

4. Matematika  :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.

5. Bahasa Indonesia :

·      Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.

·      Berbicara         :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.

·      Membaca         :  Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.

·      Menulis            :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

6.    Seni Budaya dan Keterampilan  :

·      Mengapresiasi karya seni rupa.

·      Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.

7.    Basa Sunda : Mampu menyimak ( ngaregepkeun ) memahami, serta menanggapi berbagai  

                            jenis bunyi bahasa ( sora basa ), dongeng, dan perintah (parentah)  sederhana.

I. Tujuan Pembelajaran  :

  • ·       Siswa dapat memperkenalkan diri, menceritakan anggota keluarga yang ada  di rumahnya.
  • ·         Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian anggota tubuhdan kegunaannya.
  • ·         Siswa dapat menjelaskan dan membiasakan merawat tubuhnya.
  • ·         Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri fisik dari laki-laki dan perempuan.
  • ·         Siswa dapat menyebutkan kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
  • ·         Siswa dapat menyebutkan banyak benda.
  • ·         Siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda.
  • ·         Siswa dapat membaca dan menuliskan lambang bilangan.
  • ·         Siswa dapat mengurutkan bilangan dengan pola teratur.
  • ·         Siswa dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.
  • ·         Siswa dapat mencocokan informasi dengan gambar.
  • ·         Siswa dapat menyimak cerita dari gambar seri.
  • ·         Siswa dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.
  • ·         Siswa dapat menyebutkan identitas diri dengan bahasa yang santun.
  • ·         Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri suatu benda.
  • ·         Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf, gambar.
  • ·         Siswa dapat menyalin/mencontoh  huruf, suku kata dan kata.
  • ·         Siswa dapat menggambar dari serangkaian titik, garis membentuk karya dua dimensi.
  • ·         Siswa dapat membuat benda karya mainan dengan teknik menyobek dan menggunting.
  • ·         Siswa dapat membunyikan, membedakan, dan menunjukkan vokal e`,e dan eu pada berbagai kata.




IV. Langkah-langkah pembelajaran :

A.  Kegiatan awal :

·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.

·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.

·         Mengumpulkan tugas/ PR


B. Kegiatan inti   :

      Minggu I

      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)

·         Mengamati model/ gambar anggota tubuh.

·         Menyanyikan lagu “ dua mata saya “

·         Menunjukkan gambar dan menyebutkan  nama-nama anggota tubuh

·         Melakukan diskusi sederhana tentang perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan.

·         Menyebutkan perbedaan tugas antara laki-laki dan perempuan.

·         Melakukan tanya jawab tentang hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan.

·         Mengamati benda yang diperlihatkan guru ( kancing, kerang, manik-manik, pensil, dll )

·         Mengamati benda yang ada di sekeliling siswa  ( meja, buku, tas, dll )

·         Membilang benda yang ada di sekeliling siswa dengan jumlah 1- 5.

·         Menyimpan kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.

     

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )

·         Mengamati gambar seri yang menceritakan tentang persiapan ke sekolah.

·         Menyanyikan lagu  “pergi sekolah “

·         Menceritakan dengan kalimat yang sederhana isi dari gambar tersebut.

·         Melakukan tanya jawab  tentang  persiapan siswa bila pergi ke sekolah.

·         Mendengarkan penjelasan guru tentang identitas diri, keluarga, dan kerabat.

·         Menjelaskan kembali pentingnya identitas diri.

·         Menyebutkan keuntungan kita mempunyai identitas diri.

·         Membilang benda yang diamati, secara individual dan klasikal.

·         Melakukan penghitungan benda di depan kelas dengan jumlah 1 – 5

·         Menyebutkan bilangan yang tepat sesuai dengan banyak benda

·         Mengisi  soal yang berkaitan dengan banyak benda.


Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )

·         Memperkenalkan diri di depan kelas identitas diri dengan kalimat yang santun.

·         Secara bergiliran memperkenalkan diri.

·         Menghitung beda pada gambar/ model dengan jumlah benda  1 – 10.

·         Menyebutkan jumlah banyak benda 1 – 10.

·         Meletakkan kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.

·         Seorang siswa meletakkan benda  dan siswa lain menyimpan kartu  bilangan yang tepat


Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )

·         Melakukan pengamatan pada benda untuk menguraikan deskripsinya

·         Mengungkapkan deskripsi benda dalam bentuk, warna, dan permukaa.

·         Contoh :  Bentuknya panjang , digunakan untuk menulis, bisa bergambar, dan polos. Semua murid memerlukannya. à deskripsi dari pensil.

·         Mencoba untuk mendeskripsikan benda yang diperlihatkan temannya.

·         Mengamati manik-manik, kancing atau kelereng yang diperlihatkan guru yang berjumlah 1 – 15.

·         Menghitung banyak benda yang diperlihatkan guru dengan urutan yang benar.

·         Menyebutkan bilangan yang sesuai dengan jumlah banyak benda.

·         Menyimpan kartu bilangan pada benda yang sesuai dengan jumlahnya.

·         Menuliskan lambing bilangan yang tepat sesuai dengan banyaknya benda.


      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)

·         Menirukan kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vokal e` ( letah, teko, peci, toke, dll) 

·         Menirukan kata –kata yang diucapkan guru yang mengandung vokal e ( cepil, jempol, gelas, dll )

·         Menirukan kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vokal eu.

      ( ceuli, peureup, beubeur, dll )

·         Mengeja setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan antara  e`, e, dan eu

·         Meletakkan kartu huruf e`, e, dan eu pada kata yang belum sempurna berdasarkan pada pendengaran atas kata-kata yang diucapkan guru.

·         Membacakan kartu huruf yang telah sempurna pengejaannya dengan lafal yang tepat.

·         Mengamati dua kelompok benda yang sama jumlahnya, berbe

·         da jumlahnya untuk menemukan fakta lebih banyak atau lebih sedikit dan sama banyak.

·         Membilang tiap kelompok benda dengan batas jumlah 1- 10.

·         Menyebutkan bilangan yang tepat pada tiap kelompok benda.

·         Membandingkan jumlah benda dan menyatakan lebih banyak atau lebih sedikit atau sama banyak pada kedua kelompok benda tersebut.

·         Melakukan hal sama pada dua kelompok benda dengan jumlah yang berbeda.

·         Melakukan pengamatan terhadap gambar anggota tubuh.

·         Menyanyikan lagu “ Dua mata saya “

·         Menyebutkan nama anggota tubuh yang terlihat pada gambar.

·         Menyebutkan nama anggota tubuh melalui permainan lagu “ Kepala ,pundak lutut kaki …”

·         Menunjukkan dan menyebutkan nama  anggota tubuh melalui tubuh temannya.

     

      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)

·         Mengenal titik sebagi awal sebuah gambar.

·         Menggabungkan beberapa titik untuk membuktikan sebuah garis terdiri dari sekumpulan titik-titik yang berderet.

·         Membuat garis lurus, garis miring, garis zigzag dan garis lengkung.

·         Membuat  aneka garis ( garis lurus dan garis lengkung ) yang membentuk gambar lingkaran, segitiga, atau persegi.

·         Membuat gambar yang berunsur garis.

·         Mengamati gambar anggota tubuh

·         Menjelaskan kegunaan dari tiap anggota tubuh dengan menggunakan bahasa yang sederhana.

·         Mewarnai gambar tubuh dengan warna yang sesuai dan menjelaskan kegunaan dari tiap anggota tubuh.


Minggu  ke 2

      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)

·         Mengamati model/ gambar anggota tubuh.

·         Menyanyikan lagu “ dua mata saya “

·         Menunjukkan gambar dan menyebutkan  nama-nama anggota tubuh

·         Menjelaskan kegunaan dari tiap-tiap anggota tubuh yang diamati.

·         Mengamati gambar bagian anggota tubuh dan menjelaskan kegunaanya.

·         Meletakkan kartu yang bergambar bagian anggota tubuh untuk meletakkan

Pada kartu yang bertuliskan kegunaanya.

·         Mengamati banyak benda yang disediakan guru.

·         Membilang benda tersebut dengan jumlah berfariasi. ( 11 – 20 )

·         Menyebutkan nama bilangan sesuai dengan banyak benda.

·         Membandingkan kembali dua kelompok benda yang berbeda jumlahnya.

·         Menjelaskan bahwa dua kumpulan benda tersebut lebuh banyak atau lebih sedikit atau sama banyak.

·         Menyebutkan nama teman yang berjenis kelamin laki –laki dan perempuan.

·         Memberikan contoh kegiatan yang dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan..

·         Melakukan diskusi sederhana tentang kegiatan yang dapat dapat dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan.

·         Mengambil kesimpulan bahwa hak dan kewajiban laki-laki sama, ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan sebagai kodrat.


      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )

·         Menyimak tugas yang disampaikan guru dalam mengerjakan tugas.

·         Membuat bentuk garis, lingkaran di udara dengan posisi memegang alat tulis.

·         Memperhatikan lembar tugas yang harus dilakukan adalah menjiplak bentuk, garis dan lingkaran dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang benar.,

·         Menjiplak  berbagai bentuk yang mendekati bentuk huruf.

·         Menceritakan alamat rumah dan alamat sekolah

·         Menceritakan kegiatan sebelum pergi ke sekolah.

·         Menjelaskan manfaat  mempunyai alamat  tempat tinggal

·         Menceritakan keadaan sekolah, jarak, dan suasana di sekolah.

·         Menyebutkan bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.

·         Menuliskan di udara bentuk bilangan 1 sampai 10.

·         Menuliskan bilangan yang sesuai dengan banyak benda pada papan tulis.

·         Membaca nama bilangan yang tertera pada papan tulis.

·         Mengerjakan latihan menuliskan lambang bilanagn dan membacanya secara 

      individual dan klasikal.


Pertemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika  )

·         Menyimak uraian tugas yang disampaikan guru,

·         Memperhatikan Lembar tugas yang diberikan  guru, yang harus dilakukan adalah menebalkan bentuk, garis, lingkaran dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang baik.

·         Menyebutkan bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.

·         Menuliskan di udara bentuk bilangan 11 sampai 20 .

·         Menuliskan bilangan yang sesuai dengan banyak benda pada papan tulis.

·         Membaca nama bilangan yang tertera pada papan tulis.

·         Mengerjakan latihan menuliskan lambang bilangan  dan membacanya secara 

      individual dan klasikal.

·         Menirukan kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vokal eu.

      ( ceuli, peureup, beubeur, dll )

·         Mengeja setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan antara  e`, e, dan eu.

·         Membedakan suara e`, e dan eu pada kata dengan cara menyimpan kartu huruf dengan tepat.

·         Membaca ulang secara individual kata-kata yang mempunyai vokal e`, e, dan eu.

·         Membaca ulang secara klasikal kata-kata yang mempunyai vokal e`, e, dan eu.


Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )

·         Melakukan menjiplak bentuk huruf lepas a, i,  dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.

·         Menebalkan bentuk huruf lepas  a , i  dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang baik.

·         Membaca huruf yang sudah dijiplak dan ditebalkan.

·         Membaca lambang bilangan 1 – 10  yang di perlihatkan guru melalui kartu bilangan secara urut.

·         Membaca lambang bilangan  11 – 20 yang diperlihatkan guru melalui kartu bilangan secara urut.

·         Membaca lambang bilangan 1- 20 yang diperlihatkan guru melalui kartu huruf secara acak.

·         Menyimpan kartu bilangan sesuai dengan yang diucapkan guru..

·         Mengambil kartu bilangan sesuka hati lalu membacanya.

·         Menuliskan lambang bilangan sesuai yang diucapkan guru.


      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)

·         Meletakkan kartu huruf e`, e, dan eu pada kata yang belum sempurna berdasarkan pada pendengaran atas kata-kata yang diucapkan guru.

·         Membacakan kartu huruf yang telah sempurna pengejaannya dengan lafal yang tepat.

·         Mengambil kartu huruf dan membacanya dengan lafal e`, e, dan eu dengan tepat

secara individual maupun klasikal.

·         Menirukan kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vokal eu.

      ( ceuli, peureup, beubeur, dll )

·         Mengeja setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan antara  e`, e, dan eu.

·         Membaca ulang secara individual kata-kata yang mempunyai vokal e`, e, dan eu.

·         Membaca ulang secara klasikal kata-kata yang mempunyai vokal e`, e, dan eu.

·         Mengamati sekelompok benda yang berjumlah 1 – 10.

·         Mengelompokkan benda tersebut dari jumlah yang terkecil.

·         Membaca lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda yang telah berurut.

·         Menuliskan lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda.

·         Melakukan menjiplak bentuk huruf lepas e, o, m, n, b, d    dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.

·         Menebalkan bentuk huruf lepas  e , o, m , n, b , d  dengan posisi duduk dan memegang alat   tulis yang baik.

·         Membaca hasil jiplakan dan menebalkan huruf yang sudah dipelajari.

     

      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)

·         Melakukan percobaan untuk mengenal warna dasar, dengan menggunakan cat air, spidol, pensil warna.

·         Mewarnai lingkaran, persegi dan segi tiga dngan warna dasar yang berbeda.

·         Mewarnai gambar benda alam dengan warna yag sesuai.

·         Mewarnai gambar benda lain dengan warna yang sesuai.

·         Mengenal warna lain selain warna dasar.

·         Menyalin / mencontoh huruf, suku kata dan kata yang mengandung huruf a, i, u, e, o , m, b, d,  dan n, b, d

·         Menuliskan huruf, suku kata dan kata yang didiktekan guru.

·         Membaca huruf, suku kata dan kata yang ditulis.


     Minggu ke 3

      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)

·         Mengamati model/ gambar anggota tubuh.

·         Menyanyikan lagu ” Bangun tidur ”

·         Menunjukkan gambar dan menyebutkan  nama-nama anggota tubuh

·         Menjelaskan cara perawatan anggota tubuh yang diamati..

·         Mendiskusikan secara sederhana manfaat merawat anggota tubuh.

·         Menyebutkan kerugian bila tidak merawat anggota tubuh.

·         Membiasakan diri untuk merawat anggota tubuh.

·         Menyebutkan jenis permainan yang biasa dilakukan oleh anak laki-laki

·         Memperagakan jenis permainan yang biasa dilakukan anak laki-laki.

·         Menyebutkan jenis permainan yang biasa dilakukan anak perempuan.

·         Menjelaskan perlunya saling menghargai perbedaan dari tiap individu.

·         Menjelaskan bahwa dari perbedaan dapat menciptakan kerukunan bukan perselisihan.

·         Mengamati sekelompok benda yang berjumlah 1 – 10.

·         Mengelompokkan benda tersebut dari jumlah yang terbesar.

·         Membaca lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda yang telah berurut.

·         Menuliskan lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda.


      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )

·         Menuliskan/ menyalin kalimat sederhana yang terdiri dari tiga kata yang dibangun oleh huruf a, i, u, e, o, m, n,b dan d

·         Menyalin/ menuliskan huruf yang dipelajari ke dalam tulisan tegak bersambung.

·         Membaca huruf yang sudah ditulis.

·         Menceritakan nama ayah, ibu, kakak, adik dan kerabat yang ada di rumah.

·         Menjelaskan hubungan kekerabatan antara anggota keluarga yang ada di rumah.

·         Menjelaskan bahwa  kerukunan harus selalu dijaga.

·         Membaca sekelompok bilangan 1 – 20 secara urut.

·         Melingkari bilangan yang berpola loncat ( kelipatan) 2 .

·         Menyebutkan bilangan yang berpola loncat 2.

·         Menuliskan bilangan yang berpola loncat 2 di papan tulis.

·         Membaca nama bilangan yang berpola loncat 2 .


Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )

·         Menyalin kalimat sederhana dari papan tulis yang disusun dari huruf yang sudah dipelajari ke dalam buku tulis sendiri.

·         Membaca setiap kalaimat yang ditulis.

·         Membaca sekelompok bilangan 1 – 20 secara urut.

·         Melingkari bilangan yang berpola loncat ( kelipatan) 3 .

·         Menyebutkan bilangan yang berpola loncat 3.

·         Menuliskan bilangan yang berpola loncat 3 di papan tulis..

·         Membaca nama bilangan yang berpola loncat 3.

·         Menirukan kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vokal eu.

      ( ceuli, peureup, beubeur, dll )

·         Mengeja setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan antara  e`, e, dan eu.

·         Membaca ulang secara individual kata-kata yang mempunyai vokal e`, e, dan eu.

·         Membaca ulang secara klasikal kata-kata yang mempunyai vokal e`, e, dan eu.

·         Menunjukkan perbedaan penulisan huruf e`, e dan eu.

·         Menuliskan kata-kata yang didiktekan  yang disusun dari konsonan dan vokal e`, e, dan eu.


Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )

·         Menyalin/ mencontoh kata yang ditulis di papan tulis.dengan menggunakan huruf lepas.

·         Membaca kata-kata yang ditulis di papan tulis..

·         Menuliskan kata yang didiktekan guru dengan menggunakan tulsan tegak bersambung.

·         Membaca sekelompok bilangan 1 – 20 secara urut.

·         Melingkari bilangan yang berpola loncat ( kelipatan) 4 .

·         Menyebutkan bilangan yang berpola loncat 4.

·         Menuliskan bilangan yang berpola loncat 4 di papan tulis.

·         Membaca nama bilangan yang berpola loncat 4.


      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)

·         Menuliskan kata-kata yang didiktekan  yang disusun dari konsonan dan vokal e`, e, dan eu.

·         Menunjukkan gambar yang sesuai dengan kata yang diucapkan.

·         Memilih kata yang tepat untuk melengkapi kalimat.

·         Membaca bilangan yang berpola loncat 2 ,3, dan 4 .

·         Menuliskan lambang bilangan yang berpola loncat 2, 3, dan 4.

·         Melengkapi urutan bilangan yang berpola loncat 2, 3, dan 4.

·         Menyalin/ mencontoh kalimat dari buku k dalam buku tulis sendiri.

·         Membaca setiap kalimat yang ditulis dalam buku tulis sendiri.


      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)

·         Melakukan percobaan untuk mengenal warna tambahan, dari paduan warna-warna dasar dengan menggunakan cat air.

·         Menyebukan warna baru hasil dari paduan 2 warna dasar yang berbeda.

·         Mewarnai bentuk dengan warna tambahan.

·         Menyalin/ mencotoh kalimat yang ditulis di papan tulis dengan menggunakan huruf lepas.

·         Menyalin / mncontoh kalimat yang didiktean guru dengan menggunakan tulisan sambung.


C.  Kegiatan akhir

·         Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.

·         Mengerjakan post tes

·         Pemberian PR / tugas



VI. Penilaian

Teknik  Tes  :

·         Tes lisan.

1.      Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil.

2.      Ketepatan jawaban.

3.      Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.

·         Tes tertulis

1.      pilihan ganda

2.      isian.

·         Tes perbuatan.


Bentuk Tes :

1.      Objektif tes

2.      Non Objektif tes


Instrument Tes :

·         LKS

·         Lmbar observasi.


Butir Soal :

1.      IPS :

      Isilah titik-titik di bawah ini !

1.      nama saya .........

2.      rumah saya di ......

3.      adik saya ada .......

4.      kakak saya ada ........

5.      saya sekolah di ...........


2.      IPA  :

Silanglah a, b atau c pada jawaban yang tepat !

1.  ini gambar ………..

     a. mata        b. telinga          c. kaki

2.  bila kita makan menggunakan  ............

     a. tangan     b. hidung         c. mulut.

3.  membaca menggunakan ......

     a. rambut    b. mata             c. Perut

4.  mata saya ada ....

     a. satu         b. dua              c. tiga.

5.  supaya bersih gigi harus .....

     a. dicuci      b. digosok        c. dicabut


      3.   PKN :

            Isilah titik-titik di bawah ini !

1.  ibu saya seorang ...................

2.  anak perempuan bermain .............

3.  layang-layang dimainkan oleh  anak ................

4.   sesama teman harus selalu ..............

5.   bertengkar perbuatan ...........


      4.    Matematika :

1.      gambar kelereng ada .........................

2.      gambar bunga ada ........................

3.      gambar pensil ada ...........................

4.      bangku di kelas ada ......................


5.      penghapus papan tulis di kelas ada .................


Demikianlah artikel Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Kelas 1 Semester 1 yang semoga bermanfaat untuk rekan semuanya.